Senin , 20 April 2015 18:57:32     UN

KS,- Asisten Proktor (AsProk) adalah sebutan bagi petugas yang bertanggung jawab dalam pengelolaan aspek teknis selama pelaksanaan UN CBT berlangsung. Secara umum, asprok bertanggung jawab menyiapkan dan memastikan segala perangkat komputerisasi berjalan baik, memantau selama pelaksanaan ujian, melakukan perbaikan jika terjadi gangguan teknis, pengelolaan administrasi server, dan pelaporan.

Asprok wajib hadir selambat-lambatnya 45 menit sebelum jadwal ujian dimulai. Aktivitas awal yang dilakukan adalah menyalakan komputer server, memeriksa dan memastikan konfigurasi jaringan lokal dan internet berjalan dengan baik, kemudian menjalankan sistem operasi Windows 2012 yang terinstal dalam aplikasi virtual machine. Pada desktop windows 2012 terdapat aplikasi CBTSYNC, aplikasi ini berfungsi melakukan sinkronisasi, mengunduh data dari server pusat, memonitor aktivitas tes, mengaktifkan kode token, dan mengunggah hasil ujian ke server pusat.

Setelah CBTSYNC terbuka, hal yang pertama kali dilakukan adalah memasukan ID SERVER agar komputer server berstatus AKTIF, kemudian memilih kelompok dan daftar tes, barulah server siap digunakan.

Selanjutnya asprok menyalakan seluruh komputer yang akan digunakan oleh peserta ujian, memastikan terkoneksi ke komputer server, dan menjalankan aplikasi Exam Browser yang merupakan antar muka aplikasi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi web UN CBT. Exam Browser telah dirancang khusus untuk aktivitas ujian online, aplikasi ini berjalan full screen dan mematikan fungsi tombol aktifitas pada umumnya, termasuk fungsi tombol untuk berpindah ke lain window, artinya jika Exam Browser telah terbuka, maka tidak bisa membuka aplikasi-aplikasi yang lainnya termasuk membuka desktop windows. Untuk keluar dari aplikasi ini membutuhkan tombol-tombol kombinasi khusus, ini diatur pada menu seting yang tentunya membutuhkan password untuk bisa membukanya.

Setelah dibuka Exam Browser akan menampilkan halaman login, peserta tes harus mengisikan username dan password, jika diisikan dengan benar selanjutnya akan menampilkan informasi peserta tes meliputi nomor peserta, nama peserta, jenis kelamin, mata pelajaran yang akan diujikan, dan formulir isian kode token. Peserta tes tidak dapat memulai ujian sebelum kode token diisikan. Untuk mendapatkan kode token, asprok membuka aplikasi CBTSYNC di komputer server, kemudian menekan tombol RILIS TOKEN pada menu Status Tes, Kode Token akan muncul dan akan kadaluarsa setiap 15 menit. Kode Token kemudian disampaikan kepada seluruh peserta tes untuk diinputkan pada form isian token, jika benar akan menampilkan halaman Konfirmasi Tes yang berisi nama tes, status tes, tanggal dan jam serta alokasi waktu pengerjaan ujian, dan tombol Mulai untuk membuka soal-soal ujian.

Asprok memeriksa semua komputer dan memastikan bahwa semuanya telah memulai ujian. Selama ujian berlangsung, asprok diharuskan memantau dan melayani peserta jika terjadi kendala teknis, beberapa kendala yang kerap dialami peserta diantaranya yaitu:

  • Halaman soal tiba-tiba tidak tampil, ini terjadi karena koneksi jaringan terputus ke komputer server, yang harus dilakukan adalah memastikan kabel tersambung dengan baik dan melakukan page refresh (F5).
  • Tampilan kembali ke halaman Informasi Peserta Tes sehingga siswa diharuskan mengisi kode token kembali. Asprok menekan tombol Rilis Token di komputer server selanjutnya diisikan ke komputer peserta tes.
  • Tampilan tiba-tiba membuka halaman login sehingga siswa harus mengulang mengisikan username, password dan kode token. Dalam kasus ini, asprok harus melakukan Reset Login Peserta Tes yang bersangkutan di aplikasi CBTSYNC, karena siswa tidak akan bisa login jika statusnya masih terdaftar pada status login.

Dari semua kendala yang terjadi, siswa tidak merasa khawatir harus mengulang lagi dari nomor soal pertama, karena sistem telah menyimpan aktivitas terakhir, sehingga peserta tes tinggal melanjutkan ke soal-soal berikutnya.

Ketika semua siswa telah menyelesaikan ujiannya, asprok memeriksa status login dan status tes pada aplikasi CBTSYNC jika sudah tidak ada siswa yang terdaftar pada status login dan status tes menunjukkan telah selesai maka langkah berikutnya adalah melakukan upload hasil ujian ke server pusat dengan cara menekan tombol PILIH PESERTA kemudian UPLOAD HASIL. Ini dilakukan setiap akhir sesi ujian. Langkah terakhir adalah melakukan backup database di menu Server Lokal pada aplikasi CBTSYNC ketika semua sesi telah selesai dilaksanakan.

****

Penulis : Admin Nesas
Terakhir Diperbaharui : Selasa , 21 April 2015 00:20:01