SMKN 1 SUBANG

  • Kegiatan Sekolah
  • 08 Apr 2021 19:01:55
  • Iin Solihin, S.Pd.

SMK Negeri 1 Subang laksanakan Uji Kompetensi keahlian kepada seluruh peserta didik kelas XII. Pelaksanaan dilakukan setelah mengantongi surat izin kegiatan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Subang dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat guna mencegah penyebaran Virus Covid-19 yang masih menjadi pandemi di Dunia. Uji Kompetensi Keahlian dilaksanakan pada tanggal 29 Maret sampai 10 April 2021 kepada seluruh Jurusan yang ada di SMK Negeri 1 Subang yaitu Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Pemesinan (TPM), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) dan Desain Grafika (DG).

Uji Kompetensi Keahlian dilaksanakan diakhir masa pembelajaran, dan untuk SMKN 1 Subang dari 8 Kompetensi Keahlian ada 2 tipe Uji kompetensi yang dilakukan yaitu: (1) Uji kompentensi mandiri yang dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Dunia Usaha, Dunia Industri dan Dunia Kerja Pasangan, untuk kompetensi Kehalian BDP, AKL, RPL, TKJ,  TPM dan DG. (2). Uji kompetensi dengan lisensi dari assosiasi atau Lembaga sertifikasi industry yang dilaksanakan oleh OTKP dengan asosiasi ASPAPI, TBSM dengan Astra Honda Motor. Hasil dari Uji Kompetensi keahlian bagi peserta didik akan menjadi Indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan dan mendapatkan sertifikat kompeten.

“Alhamdulillah semua berjalan lancer sampai saat ini. Walapun pelaksanaanya di tengah bawah Covid-19 tapi esensi dari Uji Kompetensi Keahliannya tidak berkurang sedikitpun. Penerapan Protokol Kesehatan yang ketat menjadi bagian yang paling penting. Seluruh jurusan tidak mengalami kendala yang berarti mulai dari persiapan sampai pelaksanaan dan mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan lancer sampai waktu yang telah tentukan serta paling terakhir kami yakin insyaAllah seluruh siswa bisa mendapatkan sertifikat kompeten”. Ujar Bapak Deden Suryanto, M.Pd. saat dimintai keterangan oleh tim Publikasi dan Informasi Humas SMK Negeri 1 Subang.

Uji Kompetensi Keahlian yang sudah dilaksanakan diharapkan mampu mengembangkan potensi peserta didik dan mencetak alumni yang mampu bersaing di dunia usaha dan industri sesuai dengan yang dimandatkan dalam model sekolah yaitu  model sekolah CEREN.