SMKN 1 SUBANG

  • Kegiatan Sekolah
  • 03 May 2021 08:26:08
  • Iin Solihin, S.Pd.

Minggu, 2 April 2021 SMK Negeri 1 Subang laksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional. Upacara bendera diikuti oleh Guru dan Staf Tata usaha dengan menerapkan protokol Kesehatan yang ketat.

Setiap tahunnya, tepat tanggal 2 April selalu diperingati sebagai hari Pendidikan Nasional, salah satunya dengan upacara Bendera. Tanggal tersebut merupakan tanggal lahir dari Ki Hadjar Dewantara. Beliau adalah pahlawan yang berjasa besar dalam dunia Pendidikan di Indonesia. Ki Hadjar Dewantara lahir di Yogyakarta tepatnya pada tanggal 2 Mei 1889. Atas jasa-jasanya dalam perkembangan dunia pendidikan di Indonesia. Beliau dianugerahi gelar Bapak Pendidikan Nasional pada tahun 1959.

SMK Negeri 1 Subang merupakan salah satu Lembaga pendidikan yang menyelenggarakan upacara peringatan hari Pendidikan Nasional, walaupun di beberapa tempat dilaksanakan secara daring, SMK Negeri 1 Subang tahun ini melaksanakan secara langsung namun dengan menerapka  protokol Kesehatan yang ketat. Upacara bendera kali ini pembinanya adalah Bapak Deden Suryanto, M.Pd. sebagai Kepala SMK Negeri 1 Subang. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan beberapa hal penting termasuk pesan dari Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi.

“Tema untuk Hardiknas tahun ini adalah bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar. Saya harus menyampaikan pesan yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan , Kebudayaan Riset dan Teknologi, namun disamping itu saya juga harus menyampaikan hal lain yang berkaitan dengan hal tersebut. Seusai dengan surat edaran Menteri no 1 tahun 2020, tentang merdeka belajar bahwa untuk SMK mendapatkan perhatian yang luar biasa. Merdeka belajar bagi SMK adalah terkait dengan 8 + i link super match yg intinya adalah : sinkronisasi kurikulum antara SMK dan DUDIKA, pembelajaran dengan model project base learning, guru tamu/instruktur dari perusahaan, PKL, serifikasi bagi siswa dan guru,updating technology, riset terapan untuk teaching factory, komitmen perusahaan terhadap lulusan dan kontribusi perusahaan terhadap siswa SMK dengan pemberian beasiswa dan lain sebagainya.

Di akhir amanatnya, Bapak Deden Juga mengingatkan untuk selalu Bersama-sama menerapkan Program-program Model ‘’CEREN’’  yang Menjadi Icon sekolah.