NPSN : 20233680 | Telp: 0260-411410 | Email : info@smkn1subang.sch.id | Jalan Arief Rahman Hakim No.35, Kabupaten Subang 41213

Desain Grafika

Desain Grafika adalah kompetensi keahlian yang meyiapkan peserta didik menjadi Graphic Designer/ Desain Grafis handal dan mampu bekerja di percetakan, digital printing, Studio foto, Penerbit buku, hingga menjadi wirausahawan dalam bidang grafika.

Jurusan Desain Grafika di SMK merupakan jurusan yang mempelajari penerapan keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan industri maupun sebagai karya seni. Jurusan ini mempelajari teori hingga praktik membuat unsur-unsur tata letak, menggabungkan fungsi dan model warna, menata prinsip tata letak, melakukan proses scan gambar/ilustrasi/teks, serta mengunduh data digital. Kompetensi yang dipelajari di jurusan ini mencakup praktik desain dengan menerapkan teori tata letak , fungsi, dan model warna untuk melatih kreativitas dan imajinasi siswa sehingga bisa membuat desain yang kompleks.

Kompetensi Dasar :

  • Dasar-dasar Kegrafikaan
  • Kalkulasi Grafika
  • Pengolahan Limbah Industri Percetakan
  • Perwajahan
  • Desain Grafis
  • Susun Huruf komputer
  • Pembuatan Acuan Cetak dan Montase
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

INSTITUSI PASANGAN

KUNJUNGAN DUNIA USAHA DAN INDUSTRI (KUNDUDI)

Kunjungan Dunia Usaha dan Industri (KUNDUDI) adalah salah satu kegiatan pembelajaran di luar lingkungan sekolah untuk menambah wawasan siswa dan untuk melihat secara langsung suasana/kondisi industri yang sesuai dengan program keahlian.

Tujuan dilaksanakannya Kunjungan Dunia Industri adalah untuk  memberikan nilai tambah bagi peserta diklat di SMK Negeri 1 Subang agar memiliki kemampuan kompetensi profesi yang memadai.

UNIT PRODUKSI N35AS D35IGN

Unit produksi adalah aktivitas usaha sekolah terkait langsung atau tidak terhadap program pendidikan dan latihan (Diklat), dalam upaya mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki agar memberikan nilai tambah yang lebih besar untuk mendukung pelaksanaan program sekolah. Unit Produksi Sekolah Menengah Kejuruan (UP-SMK) adalah suatu proses kegiatan usaha yang dilakukan sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha secara berkesinambungan, bersifat akademis dan bisnis dengan memberdayakan warga sekolah/madrasah dan lingkungan dalam bentuk unit usaha  produk/jasa yang dikelola secara profesional (Bambang Sartono, 2006). Unit produksi SMK juga merupakan suatu usaha incorporated-enterpreneur atau suatu wadah kewirausahaan dalam suatu organisasi yang memerlukan kewenangan khusus dari pimpinan sekolah kepada pengelola untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya secara demokratis. Unit produksi diperlukan sebagai wahana pelatihan siswa dalam memberikan pengalaman langsung pada sebuah kegiatan usaha dan agar siswa dapat menjadi manusia yang mandiri. Selain itu, unit produksi diperlukan untuk memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berpartisipasi pada penyelenggaraan pendidikan (Joko Sutrisno, 2006).

Berdasarkan alat dan bahan yang ada di jurusan Desain Grafika SMKN 1 Subang, bidang produksi yang bisa dilakukan di antaranya: Stiker, ID Card, Gantungan Kunci, Pin, Banner, Workshirt, Kaos, Stempel, Kartu Undangan, atau Kerajinan Akrilik. Peluang produksi tersebut mengincar pasar menengah ke bawah, yang artinya bisa dipasarkan di dalam (internal) di sekolah ke peserta didik dan guru ataupun ke pihak luar (eksternal) dengan pasar yang lebih luas. Produksi-produksi yang akan dilakukan di jurusan Desain Grafika SMKN 1 Subang akan dilakukan dengan profesional dan melatih peserta didik di jurusan tersebut untuk mengikuti alur produksi yang di mana meminimalisasi kesalahan dan bekerja secara efisien demi mendapatkan benefit yang maksimal di dalam unit produksi.

Secara umum tujuan Unit produksi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan latihan melalui penyediaan kesempatan pelatihan berproduksi secara profesional bagi peserta didik, serta mendukung pembiayaan operasional pendidikan dan peningkatan kesejahteraan.

  1. Untuk meningkatkan mutu tamatan dalam berbagai segi terutama dalam hal pengetahuan dan ketrampilan;
  2. Untuk wahana pelatihan berbasis produksi dan menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan bagi siswa;
  3. Untuk membantu pendanaan pemeliharaan, penambahan fasilitas dan biaya-biaya operasional pendidikan lainnya;
  4. Untuk mengembangkan sikap mandiri dan percaya diri dalam pelaksanaan kegiatan praktik siswa maupun dalam mendapatkan kesempatan kerja;
  5. Untuk melatih keberanian mengambil resiko dengan perhitungan yang matang;
  6. Untuk mendukung pelaksanaan dan pencapaian pendidikan Sistem Ganda (PSG) dan kurikulum;
  7. Untuk meningkatkan kreativitas, inovasi dan sikap profesional produktif pada siswa, guru dan manajemen sekolah;
  8. Untuk menjalin kerja sama yang lebih baik dengan dunia usaha dan industri serta masyarakat lain atas terbukanya fasilitas untuk umum dan hasil-hasil produksinya;
  9. Untuk meningkatkan intensitas dan frekuensi kegiatan intra, ko, dan ekstra kurikuler siswa; dan
  10. Untuk membangun kemampuan sekolah dalam menjalin kerja sama sinergis dengan pihak luar dan lingkungan serta masyarakat luas. (Dikmenjur, 2007).

Berikut beberapa contoh hasil produk dari Unit Produksi Desain Grafika (N35as D35ign) :

GURU TAMU

Guru Tamu adalah program pembelajaran dimana para siswa mendapatkan pembelajaran dari instruktur yang berasal dari luar instansi sekolah yaitu dari IDUKA.

PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL)

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah program Pendidikan ganda yang di lakukan di luar lingkungan sekolah (IDUKA) Industri dan Dunia Kerja.

CLASS OF DESIGN TEAM

= CLASS OF DESIGN =

“Creativity Like Meteor”

1 Response

Leave a Reply