Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis Merupakan Program keahlian pada Bidang Bisnis dan Manajemen dengan konsentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran, memberikan kontribusi dalam menjadikan peserta didik memiliki kompetensi keahlian sebagai Staf Administrasi, Resepsionis, Asisten Arsiparis, Asisten Sekretaris, Layanan Pelanggan, dan sebagai tenaga operator junior dibidang komputer dan Otomatisasi perkantoran serta Wirausahawan yang tangguh dengan sikap bermantabat, Berkualitas dan Terpercaya.
Tujuan Kosentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran secara umum mengacu pada isi Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Secara khusus tujuan Program Keahlian Manajemen Perkantoran (MP) dan PK Manajemen Perkantoran Layanan Bisnis (MPLB) adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
Kompetensi Keahlian Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran dan Konsentrasi keahlian Manajemen Perkantoran sebagai bagian dari pendidikan menengah, bertujuan menyiapkan siswa / tamatan :
KOMPETENSI DASAR :
Kurikulum dan Materi pembelajaran pada kompetensi ini diselaraskan dengan kebutuhan Dunia Usaha dan Dunia Industri, seperti :
Tim Pengajar Mapel Produktif OTKP
Dalam penerapan kurikulum sinkronisasi Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan Konsentrasi Keahlian Manajemen Perkantoran SMKN 1 Subang telah melaksanakan kerja sama dengan beberapa industri pasangan yaitu :
DOKUMENTASI SIMKRONISASI BERSAMA PT BINO MITRA SEJATI dan Aston Pasteur Hotel
KEGIATAN SINKRONISASI KURIKULUM BERSAMA ASPAPI JAWA BARAT
PELAKSANAAN PKL DAN KELAS INDUSTRI
PKL di Instansi Pemerintah Daerah Kabupaten Subang ;
Guru merupakan pilar terdepan dalam peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Salah satu kemampuan professional guru dapat dilihat dari penguasaan kompetensi mereka masing-masing sehingga dapat melaksanakan tugas pokok, fungsi, dan tanggungjawabnya sebagai guru dan tenaga kependidikan secara optimal.
Dalam upaya peningkatan kemampuan professional guru perlu dilaksanakan secara terencana, terpola dan berkesinambungan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. untuk itu Guru produktif KK OTKP mengikuti beberapa kegiatan pelatihan, workshop, kunjungan industri ke PT Bino Mitra Sejati (BANTEX), ASPAPI Jawa barat, Prodi Manajemen Perkantoran UPI Bandung
Tindak lanjut dari terlaksananya kegiatan sinkronisasi kurikulum dengan INDUKA, maka Kompetesi Keahlian OTKP dan Konsentrasi keahlian MPLB melaksanakan kegiatan belajar dengan mengundang guru tamu dari INDUKA pasangan sebagai pemateri. PT Bino Mitra Sejati merupakan Induka pasangan yang mengisi kegiatan pemebelajaran kelas industri kepada siswa kelas X MPLB
Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan Konsentrasi keahlian MPLB dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran
Program Praktek Kerja lapangan merupakan suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional. Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran telah melaksanakan program PKL dengan mengirimkan siswa ke beberapa instasi/ kantor / induka yang ada di Kab. Subang baik Pemerintah maupun swata.
Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) melakukan Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) external di lab komputer OTKP SMK Negeri 1 Subang. Pelaksanaan UKK Kompetensi Keahlian OTKP berkerja sama dengan Tim Asessor dari Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia (ASPAPI) Jawa Barat beserta guru produktif KK OTKP.
UKK pada masa pandemi dilakukan secara Full daring dan Luring setelah kondisi pandemi mereda.
Untuk soal yang diujikannya sesuai dengan SPK, yaitu ada 6 yang menjadi bahan uji:
Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran telah melaksanakan kunjungan industri sebagai upaya memperkenalkan Induka secara langsung. induka yang dikujungi adalah Arsip Nasional