NPSN : 20233680 | Telp: 0260-411410 | Email : info@smkn1subang.sch.id | Jalan Arief Rahman Hakim No.35, Kabupaten Subang 41213

Teknik Logistik

Logistik adalah bagian dari proses rantai suplai (supply chain) yang berfungsi merencanakan, melaksanakan, mengontrol secara efektif, efisien proses pengadaan, pengelolaan, penyimpanan barang, pelayanan dan informasi mulai dari titik awal (point of origin) hingga titik konsumsi (point of consumption) dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen.

Teknik Logistik merupakan salah satu keilmuan dari Teknik Industri. Teknik Logistik mengutamakan perencanaan, pemecahan masalah dengan prinsip keteknikan menggunakan ilmu-ilmu eksakta.

Kompetensi Keahlian Teknik Logistik SMK Negeri 1 Subang menyiapkan lulusan yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang logistik yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, profesional, terampil, jujur, disiplin dan memiliki jiwa wirausaha.

Secara khusus tujuan Kompetensi Keahlian Teknik Logistik adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam:

  1. Bekerja  baik  secara  mandiri  atau  mengisi  lowongan  pekerjaan  yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah dalam bidang Teknik Logistik.
  2. Memilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan sikap profesional dalam bidang Teknik Logistik.
  3. Memiliki kompetensi sesuai jenjang dalam bidang Teknik Logistik.

Kompetensi Dasar
1. Gambar Teknik
2. Penanganan Material dan Sikap Kerja
3. Pengendalian Persediaan
4. Pengendalian Dokumen Administrasi Gudang
5. Pergudangan
6. Material Handling Equipment
7. Logistik Multimoda
8. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Sinkronisasi Kurikulum

Pelaksanaan sinkronisasi standar kompetensi menjadi tujuan utama bagi SMK Negeri 1 Subang dalam penyusunan kurikulum yang akan di terapkan dalam kegiatan pembelajaran. Untuk mencapai penyelarasan dengan kebutuhan IDUKA, Kompetensi Keahlian Teknik Logistik telah melaksanakan sinkronisasi kurikulum bersama Poltekpos Indonesia dan PT. Pos Logistik Indonesia branch Bandung .

Berdasarkan SKKNI tahun 2020 bidang logistik, okupansi yang bisa ditempati lulusan SMK Teknik Logistik adalah Procurement staff, Material Handling Equipment Level 1 & 2, Logistic Operator Level 1 & 2, Logistic Administrative Level 1 & 2, Administrative Staff for Delivery, Operation Staff for Delivery, dan Sorting Man.

Kegiatan Pembelajaran

Kompetensi Keahlian Teknik Logistik dalam kegiatan pembelajaran didukung oleh pengajar yang profesional di bidang logistik. Menerapkan konsep 8+I link super match dengan menghadirkan guru tamu baik dari akademisi maupun praktisi dari dunia industri yang kompeten di bidangnya. Selain itu, memberikan ruang kepada siswa untuk mengenal logistik lebih dekat, dengan melakukan pembelajaran observasi langsung terhadap perusahaan yang bergerak di bidang logistik.

Sedangkan untuk peningkatan kompetensi guru dengan menghadirkan akademisi dan praktisi serta telah di agendakan program magang guru di PT Pos Logistik dan Bandara Internasional Jawa Barat.

Jalinan Kerjasama

Aktivitas bisnis logistik saat ini seperti pergudangan, transportasi, pelayaran, dan pelabuhan yang terintegrasi dengan teknologi informasi semakin berkembang. Untuk mendukung pembangunan Sistem Logistik Nasional (Sislognas) tersebut, Kompetensi Keahlian Teknik Logistik SMK Negeri 1 Subang melakukan jejaring antara lain dengan Poltekpos Indonesia, PT Pos Logistik Indonesia, PT Pos Indonesia, dan Bandara Internasional Jawa Barat.

Unit Produksi

Dikdasmen (2005) menyatakan bahwa fungsi SMK adalah: 1) sebagai training center; 2) sebagai testing center; 3) sebagai teaching factory; 4) sebagai outlet layanan penempatan lulusan dan tenaga kerja; dan 5) sebagai pusat bisnis dan pengembangan waralaba bagi masyarakat. Untuk mencapai multifungsi SMK tersebut, Kompetensi Keahlian Teknik Logistik SMK Negeri 1 Subang mengembangkan Unit Produksi Agen Pos bekerja sama dengan PT Pos Indonesia yang relevan dengan program keahlian. Unit Produksi Agen Pos ini diharapkan menjadi tempat belajar bagi guru dan siswa untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap kerja dan kewirausahaan.

  • Pelatihan dan pendampingan dari PT Pos Indonesia
  • Pelatihan di Kantor PT Pos Indonesia Subang

Iduka Pasangan